Senin, 07 April 2014

KHASIAT DAUN KOPI BAGI KESEHATAN

Dewasa ini hampir salah satu dari setiap anggota keluarga pernah mengalami atau merasakan penyakit tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah suatu kondisi medis di mana terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis (dalam jangka waktu lama). Seseorang yang mempunyai tekanan darah melebihi 140/90 mmHg saat istirahat diperkirakan mempunyai keadaan darah tinggi. Seringkali kita mengabaikan ancaman tekanan darah tinggi. Padahal, hipertensi adalah pintu gerbang bagi masuknya berbagai macam penyakit mematikan, seperti : stroke, serangan jantung, dan gagal jantung.

Ditengah menjamurnya makanan siap saji yang banyak mengandung lemak dan perubahan gaya hidup sebagian masyarakat perkotaan, maka penyakit hipertensi merupakan momok bagi kita semua. Kita seringkali mengabaikan akan ancamanhipertensi. Padahal, penyakit tersebut adalah pintu gerbang bagi masuknya berbagai penyakit mematikan khususnya di Sumatera Barat di daerah minang, dari zaman dahulu hingga kini daun kopi dikonsumsi sebagai minuman tradisionil sebagai minuman yang menyegarkan tubuh juga bermanfaat sebagai pencegah beberapa keluhan penyakit. Rendaman daun kopi dihidangkan dengan ditambah telur bebek dan gula merah/gula batu. Di Sumatera minuman ini dinamakan kopi talui/kopi telur, rasanya enak sekali. Untuk membuat larutan daun kopi, sebelumnya beberapa daun kopi dipanggang diatas api sanpai berwarna kecoklatan lalu daun kopi yang telah dipanggang tersebut direbus sampai mendidih dalam kuali atau panci yang terbuat dari tanah liat hingga larut. Di Jawa timur dahulu daun kopi bisa diminum sebagai pengganti teh, dengan cara merendam daun teh yang telah dipanggang sampai kecoklatan kedalam teko yang berisi air panas.

Untuk pengobatan menderita penyakit Hipertensi, Daun Kopi yang masih muda dapat menurunkan tekanan Darah tinggi, Caranya : Cuci dan rebus 20 helai daun kopi yang masih muda hingga mendidih, aduk pelan-pelan sampai air rebusan berwarna merah. Tuang ke dalam gelas, lalu masukkan gula pasir atau gula batu, dan minum selagi masih hangat. atau ada juga yang menyebutkan 10 helai daun kopi langsung di makan. Semoga informasi ini berguna bagi ihwan semua.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar